home

Jumat, 23 November 2012

Konsep Dasar Listrik : ARUS LISTRIK

Arus Listrik adalah aliran muatan listrik. Konsep arus listrik ini akan melahirkan istilah kuat arus listrik, di mana kuat arus listrik adalah aliran muatan listrik dalam suatu penghantar tiap satu satuan waktu. Arah arus listrik ini berlawanan dengan arah aliran elektron, di mana arus listrik mengalir dari potensial tinggi ke potensial rendah, sedangkan elektron mengalir dari potensial rendah ke potensial tinggi.
Sekilas memang terlihat bahwa analogi arus listrik dapat disamakan dengan analogi air yang bergerak dari potensial tinggi ke potensial rendah, akan tetapi analogi aliran air ini kurang tepat. Hal ini disebabkan karena aliran air tidaklah bersiklus, sedangkan aliran listrik bersiklus. Oleh katena itu, analogi yang paling tepat dipakai adalah anlogi air yang digerakkan oleh pompa ke tempat asalnya.

Simulasi Fisis Arus Listrik

Adanya arus listrik menyebabkan lampu atau komponen komponen elektronika dapat bekerja sesuai dengan fungsinya. Berikut adalah simulasi arus listrik dalam suatu rangkaian listrik tertutup, di mana adanya arus listrik ini menyebabkan lampu dapat menyala. 



0 komentar: